Kamis, 27 Agustus 2015

Cara Kerja Microspectrophotometer

Cara Kerja Mivrospectrophotometer

Dalam hal penelitian terus terang ilmulab kurang ahli, dari berawal suka and penasaran .. ? Saya tertolong berkat bantuan google saya suka mencari tahu tentang penggunaan alat microspectrophotometer diantaranya adalah difungsikan salah satunya untuk DNA. Terus terang banyak yang menanyakan fungsi apa saja alat microspectrophotometer ? bukan edisi curhat ya kaka .. :D tapi kalau tahu lebih dalam silahkan diluruskan kembali.

Kembali ke awal fungsi microspectrophotometer untuk penelitian DNA ? yang harus diketahui sebelum mempelajari alat tersebut adalah kenali terlebih dahulu apa yang dimaksud DNA atau ADN ini merupakan materi genetik yang terdapat dalam tubuh setiap orang yang diwarisi dari orang tua.

DNA terdapat pada inti sel di dalam struktur kromosom dan pada mitokondria. inilah yang menentukan jenis rambut, warna kulit dan sifat-sifat khusus dari manusia. Spesimen yang diperlukan biasanya adalah darah, dimana DNA bisa didapatkan dari sel-sel darah putih. Namun pada dasarnya DNA manusia bisa diambil dari berbagai lokasi tubuh manusia (kecuali sel-sel darah merah), misalnya akar rambut, ludah, sel-sel epitel rongga mulut, dan lain-lain sepanjang sel-selnya berinti.

Solusi Penelitian Laboratorium Forensik termasuk ( DNA, RNA, Ion garam, Molekul deterjen, dll ) dengan menggunakan Alat Laboratorium Microspectrophotometer dengan type AMS002 merupakan  cara yang lebih canggih dan sangat akurat merekam persis apa warna suatu objek. Ketika sebuah spesimen buram atau tembus dimasukkan kedalam instrumen MSP ( Micro-Spectrophotometer ) yang terkena rentang frekuensi tampak atau inframerah. Frekuensi mana mencerminkan, menyerap, atau mentransmisikan, tergantung pada modus instrumen, dicatat di sebuah detektor sebagai spektrum atau sidik jari dari bahan itu. Perbandingan dapat dibuat dengan bahan yang spektrum dilihat di database setelah pengujian dilakukan, Secara otomatis anda dapat memperbandingkan sepotong jejak bukti dengan menyamakan dari hasil pengujian tersebut.

Cara Kerja Microspectrophotometer

Spektrometer mikroskop dan microspectrophotometer bekerja seperti ini: lampu pada mikroskop memancarkan cahaya putih yang difokuskan ke sampel. Sampel menyerap sebagian panjang gelombang cahaya yang lebih baik daripada yang lain ... itu semua tergantung pada struktur kimia sampel kromofor dan lingkungan. Lampu tidak diserap dikumpulkan oleh tujuan microspectrophotometer dan difokuskan ke pintu masuk lobang spektrofotometer. Seperti aperture tercermin, sebagian cahaya tercermin ke dalam sistem digital imaging. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat aperture spektrofotometer overlay pada sampel dan membuatnya sangat mudah untuk menyelaraskan sistem dan mengambil spektrum. Sosok serat ke kiri menunjukkan pintu masuk aperture sebagai kotak hitam. Cukup memindahkan ketahap persegi empat yang merupakan sampel atas untuk membuat pengukuran.

Cahaya yang tidak tercermin ke dalam sistem digital imaging akan melewati aperture ke spektrofotometer. Cahaya dipisahkan menjadi komponen panjang gelombang oleh kisi optik dan intensitas setiap komponen diukur dengan pixel pada Mengisi Coupled Device atau CCD detektor. Toko komputer informasi ini dan hasilnya adalah sebuah spektrum optik. Spektrum ini diplot sebagai grafik XY yang menunjukkan energi optik pada setiap panjang gelombang (lihat Gambar dari spektrum ke kiri).

Berbagai jenis microspectroscopy dicapai dengan teknik pencahayaan yang berbeda. Teknik ini ditentukan oleh sampel sendiri. Misalnya, insiden atau iluminasi reflektansi digunakan untuk sampel buram sedangkan cahaya yang ditransmisikan digunakan untuk sampel transparan. Sebuah microspectrophotometer dapat dikonfigurasi untuk mengukur transmisi, absorbansi, reflektansi dan spektrum emisi.

Dalam operasi, pengukuran sangatlah mudah. Pertama mengambil scan gelap untuk mengukur jumlah gelap dari sistem Spektrum dari bahan referensi kemudian dikumpulkan. Spektrum referensi berisi karakteristik spektral dari bahan referensi sendiri, sumber cahaya, optik dan CCD. Spektrum dari sampel tersebut kemudian diperoleh dan algoritma yang digunakan untuk menghitung spektrum yang sesuai untuk kondisi pencahayaan spektrum yaitu pantulan ketika mengukur pencahayaan insiden. Algoritma ini secara otomatis diterapkan oleh komputer dan hasilnya ditampilkan sebagai spektrum.


** Daftar Pustaka :
http://www.microspectra.com/support/service-contracts/microspectrophotometer-operation 
http://www.google.com
https://indo-digital.com/category/product/spectrophotometer 

Cara Kerja Microspectrophotometer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bondan Sdr

0 komentar:

Posting Komentar