Selasa, 15 Maret 2016

Pengujian kualitas air menggunakan Water test kit

Alat Uji Kualitas Air 10 in 1 Parameter EC910 AMTAST

Kali ini ilmulaborat akan memperkenalkan alat uji untuk mengukur kualitas air, Pengujian kualitas air ada berbagai macam parameter yang akan diukur 1 sama lain tentunya sangat berkaitan dengan kualitas dari air itu sendiri. Disini kami sama-sama belajar dalam menguji kualitas air pada perikanan atau tambak.
Dalam budidaya perikanan, pertambakan atau budidaya yang berhubungan dengan air. Tentunya anda harus menjaga kuantitas dan kualitas yang baik. Acuan tersebut bisa dilihat secara segi fisika, kimia dan biologi. Dalam segi ilmu kimia anda harus memperhatikan beberapa kualitas air diantaranya adalah ;
  • pH meter yang merupakan menguji derajat keasaman
  • salinitas meter jumlah kadar garam terlarut dalam air
  • Conductivity meter digunakan untuk mengukur nilai konduktivitas listrik (specific/electric conductivity) suatu larutan atau cairan.
  • DO Meter atau yang banyak dikenal alat uji kadar oksigen dalam air dalam pengertiannya jumlah oksigen yang terikat dalam air.
  • Suhu, tak perlu dijelaskan lagi ( Tentunya sudah tahu .. hehehe ..)
  • TDS dengan singkatan Total Dissolved Solids alat yang mengukur partikel padatan terlarut dalam air.
  • Resistivity, Saturation of Oxygen, Ion dan mV.

Pengujian kualitas air menggunakan Water test kit

10 parameter yang diatas anda bisa menguji dan mengukur kualitas air hanya cukup dengan 1 alat yaitu type EC910, bisa anda dapatkan di situs indo-digital.com atau bisa lihat spesifikasi produk Water Test Kit EC910.



Tutorial diatas merupakan cara penggunaan atau pengenalan water test kit EC910, Alat ukur kualitas air tersebut sangat praktis dan mudah sekali digunakan dilapangan. Kami mengharapkan dari sektor perikanan, budidaya tambak udang atau yang lainnya dapat mengenal alat uji kualitas air tersebut. Anda tidak perlu banyak alat yang harus dibawa dilapangan sewaktu pengecekan hanya 1 alat dapat menguji 10 parameter pengujian. Data yang didapatkan juga bisa pindah di PC atau laptop.

Kenapa anda harus mempunyai water test kit tersebut ? Apakah anda yakin kualitas air tersebut baik ? Sebuah contoh ; Bilamana anda mempunyai usaha tambak udang yang tentunya mempunyai kadar garam. Untuk usaha tambak udang anda harus memperhatikan keberlangsungan hidup udang serta pakan tersebut. Jika kadar garam ( salinitas ) terlalu tinggi maka dipastikan anda akan cepat gulung tikar ( hehehe .. ). Itu hanya salah satu contoh 1 parameter saja ? Bagaimana dengan memperhatikan dengan parameter lain.

Pengujian kualitas air menggunakan Water test kit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bondan Sdr

1 komentar:

  1. tutorialnya kurang jelas, banyak guyonnya, sebaiknya bikin vidio tutorial yang jelas dr mulai cara kalibrasi tiap parameternya dan cara penggunaan alatnya, segera

    BalasHapus