Kamis, 06 Februari 2020

Fume Hood Disebut Lemari Asam Adalah ?

FUME HOOD ~ Laboratorium adalah tempat atau ruangan yang diperuntukan riset, menguji yang dapat dianggap sebagai tempat di mana studi eksperimental dengan berbagai peralatan dan perangkat, dan analisis serta pengamatan dilakukan. Laboratorium adalah instalasi atau lembaga yang melaksanakan pengujian, Selengkapnya ( Wikipedia ) Sedangkan Laboratorium menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah tempat atau kamar tertentu yang dilengkapi dengan peralatan untuk mengadakan suatu percobaan. Secara  operasional, laboratorium kemudian didefinsikan Laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan.

Memiliki persiapan laboratorium yang matang tentunya tidak sedikit kocek yang kita keluarkan. Dasar dari berbagai peralatan harus semua tersedia dan berstandad, teruji dan bersertifikat. Mulai dari gelas ukur sampai dengan lemari asam / fume hood. Di desain supaya dapat mengurangi paparan uap beracun, gas berbahaya dan debu. Umumnya merupakan peralatan untuk laboratorium dengan ukuran besar lengkap dengan kabinet pada bagian bawah yang dijadikan sebagai meja atau penahan.

Lemari asam ini berfungsi sebagai pelindung personil atau pekerja dari gas beracun yang berbahaya dan kemungkinan terhirup selama riset, proses pengujian dan pembelajaran di dalam laboratorium tersebut.

Fume Hood atau dikenal dengan nama lemari asam, Lemari asam adalah suatu alat laboratorium yang digunakan sebagai tempat mereaksikan kegiatan yang menggunakan bahan berbahaya, seperti asam, basa, pelarut organik dan lain sebagainya.

Fungsi lemari asam untuk memprotek analisi kimia ketika melakukan interaksi dengan bahan asam, basa, pelarut organik dan lain sebagainya. Pringsip kerja lemari asam adalah menarik semua upa asam, basa, pelarut organik atau yang lainnya dan dibuang ke udara luar dengan dilakukan filter sebelumnya.

Sementara itu alat yang banyak digunakan di Indonesia diantaranya menggunakan brand Produk BIOBASE  yang telah mendapat standard, teruji dan bersertifikat.

Cara perawatan Fume Hood atau Lemari asam sangat penting ;
Dalam menggunakan fume hood ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan. Mengingat fume hood dapat berbahaya jika tidak dijaga dengan baik. Khususnya oleh para pekerja di laboratorium. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan ketika Anda menggunakan fume hood adalah sebagai berikut:

  1. Pertama adalah perhatikan sirkulasi udaranya. Sirkulasi udara sangatlah penting dalam fumi hood untuk mejaga kinerjanya dengan baik. Anda bisa mengecek kondisi sirkulasi udara secara berkala. Jika terjadi kerusakan, sebaiknya segera Anda perbaiki dan bahan yang digunakan dalam fume hood tahan terhadap bahan kimia.
  2. Hal kedua, Anda juga penting memperhatikan komponen kimianya. Terutama saat memilih bahan fume hood ini. Pastikan komponennya tahan terhadap bahan kimia organik, bahan kimia yang memiliki sifat korosif seperti asam dan basa maupun tahan terhadap ledakan dari reaksi bahan kimia. Itulah sekilas mengenai fume hood dan beberapa fungsinya serta beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakannya di laboratorium. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

( Sumber : Wikipedia dan konten artikel web lain )

Fume Hood Disebut Lemari Asam Adalah ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bondan Sdr

0 komentar:

Posting Komentar